Wabup Way Kanan Lauching Produk IKM Intermediate Berbahan Dasar Ubi Kayu - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 25 Juli 2019

Wabup Way Kanan Lauching Produk IKM Intermediate Berbahan Dasar Ubi Kayu


Waykanan,Harian Koridor.com-Wakil Bupati DR. Drs. H. Edward Antony, M.M menghadiri Acara Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA), Lomba Masak Serba Ikan dan Launching Produk IKM Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2019 di Gedung Serba Guna Pemerintah Daerah Kabupaten ini, Rabu (24/05/2019) yang dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Ketua TP PKK Kabupaten Hj. Dessy Afriyanti Adipati dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Vorian Melita Saipul.

Dalam sambutan tertulisnya, Edward Antony mengatakan Penganekaragaman pangan menjadi salah satu pilar utama dalam mewujudkan ketahanan pangan melalui kemandirian dan kedaulatan pangan, yang secara umum sangat penting untuk dilaksanakan.

Untuk itu dengan diselenggarakan Festival Pangan Lokal B2SA diharapkan dapat tercipta inovasi-inovasi pemanfaatan pangan local sebagai sumber pangan pokok utama, sehingga ketergantungan akan pangan pokok bersumber padi / beras dapat dikurangi.

Sementara dalam rangka memacu gerakan memasyarakatkan makan ikan, telah terbentuk organisasi Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kabupaten Way Kanan. Dimana pada Tahun 2018 tingkat konsumsi ikan adalah 33,19 kg/Kapita/tahun lebih tinggi dari angka konsumsi ikan Provinsi Lampung yaitu 32, 60 kg/kapita/tahun namun lebih rendah dari angka konsumsi ikan nasional yaitu 50,69 kg/kap/tahun.

“Kedepan diharapkan dengan adanya kegiatan ini bagi anggota PKK Kecamatan, organisasi wanita dan masyarakat pada umumnya dapat meningkatkan kesadaran untuk lebih memprioritaskan menu masakan dari bahan baku ikan dan membudayakan makanan yang beragam bergizi seimbang dan aman untuk konsumsi ikan dalam keseharian serta tergerak untuk berbisnis kuliner yang prospektif untuk dikembangkan”, ujar Wakil Bupati yang pernah menjabat sebagai Camat Way Tuba itu

Selanjutnya, pada acara yang juga dilakukan Launching dan Bazar Produk IKM itu, Edward Antony juga menyampaikan bahwa saat ini di Kecamatan Negeri Besar sudah ada pelaku usaha IKM yang membuat produk olahan pangan berbahan ubi kayu, berupa Tepung Mocaf, Tepung Tapioka dan Tepung Rajabasa beserta produk turunannya.

Dimana produk tersebut merupakan implementasi dari hasil riset yang telah dilakukan oleh para peneliti dari Balai Riset dan Sandarisasi (BARISTAND) Industri Bandar Lampung.

“Ucapan terima kasih kepada Ibu Kepala Baristand Industri Bandar Lampung yang hadir pada hari ini atas ilmu dan pendampingan yang telah diberikan kepada pelaku usaha IKM di Kabupaten Way Kanan selama ini. Semoga dengan kegiatan hari ini, dapat memacu dan mendorong IKM Puji Lestari sebagai salah satu industri pionir berbasis bahan baku sumber daya alam lokal di Kabupaten Way Kanan khususnya dan Provinsi Lampung umumnya, untuk terus meningkatkan mutu produk serta dapat memenuhi permintaan pasar, baik dari dalam daerah maupun luar daerah”,Ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perikanan Drs. Kadarsyah dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut diantaranya yaitu memberikan motivasi kepada masyarakat  dan  peserta untuk berkreasi membuat produk olahan berbahan dasar ikan dan memiliki nilai tambah serta terjamin keamanannya, menambah pengetahuan  tentang pentingnya mengkonsumsi ikan baik dalam bentuk ikan segar maupun olahan sehingga meningkatkan jumlah konsumsi ikan perkapita di Kabupaten Way Kanan.

“Selain itu juga mensosialisasikan GEMARIKAN kepada mayarakat, meningkatkan pemahaman pentingnya konsumsi pangan B2SA untuk meningkatkan kualitas hidupnya, mendorong dan meningkatkan kreativitas serta membangun budaya keluarga untuk mengkonsumsi aneka menu makanan B2SA untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar pekarangan rumahp.

juga melaunching sekaligus memperkenalkan produk IKM Kabupaten Way Kanan beruba produk intermediate yang berasal dari ubi kayu serta memperkenalkan penggunaan produk tepung-tepungan berbasis ubi kayu tersebut untuk pengolahan produk akhir pangan”, ujar Kadarsyah yang juga menyampaikan bahwa Kabupaten Way Kanan pada Tahun ini meraih 3 penghargaan sekaligus pada Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019 yang telah dilaksanakan pada Tanggal 24 April 2019 yaitu Juara I Lomba Inovasi Menu Masakan Berbahan Baku Ikan Kategori Menu Keluarga, Juara II Lomba Inovasi Menu Masakan Berbahan Baku Ikan Kategori Menu Kudapan dan Juara III Lomba Masak Serba Ikan TP PKK.

Diketahui, pada acara tersebut juga dilakukan presentasi dan pengenalan produk IKM olahan Ubi Kayu oleh BARISTAND Bandar Lampung, demo masak produk IKM, serta peninjauan peserta lomba dan stand bazar IKM dan pembagian hadiah bagi pemenang lomba yang diikuti oleh peserta dari TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten Way Kanan, Organisasi IIA Kabupaten, Organisasi Wanita Vertikal serta Organisasi Wanita Muslimat NU dan Aisiyah. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages