Bupati Dewi Handajani Hadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Tanggamus - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Sabtu, 17 Agustus 2019

Bupati Dewi Handajani Hadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Tanggamus


Bandar Lampung, Harian Koridor.com-DPRD Kabupaten Tanggamus laksanakan Rapat Paripurna Istimewa mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke 74.
Rapat Paripurna Istimewa yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Tanggamus itu dimulai sekira pukul 08.30 WIB, di Ruang rapat DPRD Kabupaten Tanggamus, Jumat (16/8/2019).
Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Ketua DPRD Kabupaten Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.sos, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani SE.MM, Wabup Tanggamus Hi. AM Syafi’i S.Ag, dan ratusan tamu undangan.

Dalam sambutan Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan menyampaikan, rapat Paripurna istimewa tersebut digelar untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 Tahun 2019. “Mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara sehingga kita dapat mendukung terlaksananya pembangunan disegala bidang untuk mencapai masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Tanggamus yang sejahtera,” kata Heri.

Heri Agus Setiawan mengungkapkan, logo 74 tahun Kemerdekaan RI itu melambangkan sinergi, kolaborasi, inspirasi dan semangat bekerja tiada henti untuk membangun negeri. “Logo yang terdiri dari angka 7 dan 4, di antara angka tersebut terdapat sudut yang melambangkan kolaborasi dan visi menuju progres yang lebih baik. Sesuai dengan Tema “SDM Unggul Indonesia Maju”, ungkapnya.

Usai mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 Tahun 2019 dari gedung DPRRI Jakarta. Agenda dilanjutkan dengan penyampaian Rancangan APBD Kabupaten Tanggamus Tahun 2020.

Bupati Tanggamus dalam sambutannya menyampaikan, penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Tanggamus Tahun Anggaran 2020 merupakan momen yang sangat penting, mengingat penyusunan APBD Tahun Anggaran 2020 merupakan wujud konkrit dari kerjasama antara Pemerintah Daerah dan DPRD.

“Pelaksanaan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang strategi kebijakan, dan mengarah pada sasaran pembangunan,” ujar Dewi.

Dewi menjelaskan, penyusunan RAPBD merupakan upaya dalam menjaga kesinambungan pembangunan, terencana dan sistematis yang dilaksanakan oleh seluruh komponen daerah dengan memanfaatkan berbagai sumberdaya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif dan akuntabel dengan tujuan akhir meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat Kabupaten Tanggamus secara berkelanjutan.

“Dengan demikian Rancangan APBD Tahun Anggaran 2020 ini harus dapat menjadi instrument fiskal Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan ekonomi khususnya dalam pemerataan upaya pengentasan kemiskinan, mengatasi ketimpangan, dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, ditengah perekonomian masyarakat yang belum sepenuhnya normal,” terang Bupati.

Selanjutnya Dewi Handajani mengatakan, penyusunan RAPBD Tahun 2020, harus tetap dilakukan secara realistis, kredibel, berdaya tahan dan berkelanjutan untuk menjaga stabilitas keuangan Daerah.


“Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 yang ditetapkan melalui Peraturan Bupati Nomor 44 Tahun 2019, dan dalam KUA-PPAS Tahun Anggaran 2020 yang telah kita sepakati dan tandatangani bersama,” ungkapnya.

Didalam kedua dokumen tersebut, lanjut Bupati, telah digariskan bahwa tema pembangunan Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 adalah “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Untuk Penanggulangan Kemiskinan dan Pertumbuhan yang Berkualitas”.

“Maka prioritas berdasarkan tema tersebut pembangunan Kabupaten Tanggamus Tahun 2020 yaitu, penguatan daya infrastruktur dan dukung konektivitas, pembangunan dan pengentasan kemiskinan, peningkatan nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja, pemantapan ketahanan pangan, air, energi dan lingkungan hidup berbasis mitigasi bencana, penguatan tata kelola pemerintahan dan stabilitas kamtibmas,” ungkap Bupati.

Disamping itu penyusunan program dan kegiatan tahun 2020 juga diarahkan untuk mewujudkan Visi Kabupaten Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera, dilaksanakan melalui program inovatif seperti Program Pelayanan RATU (Ramah, Amanah, Tegas dan Unggul), Program Pesona Wisata RATU, serta penjaringan aspirasi masyarakat melalui Program BUDE SAR’I (Bunda Dewi Serap Aspirasi dan Informasi).(*).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages