Optimalisasi Pelayanan Perizinan, DPMPTSP Bandar Lampung Launching e-Signature - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 12 November 2019

Optimalisasi Pelayanan Perizinan, DPMPTSP Bandar Lampung Launching e-Signature


Bandar Lampung, Harian Koridor.com-Optimalisasi pelayanan di bidang perizinan dan non perizinan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandarlampung, Selasa (12/11/20019) melaunching tanda tangan elektronik (e-signature).

Penerapan e-signature di bidang pelayanan perizinan diyakini mampu mempercepat pelayanan perizinan.

“Sudah pasti lebih cepat dari sebelumnya menggunakan tandatangan basah. Karena dengan e-signature dimana pun saya berada bisa menandatangani dokumen perizinan jika memang sudah lengkap semua persyaratannya,” ungkap Kepala (DPMPTSP) Kota Bandarlampung, Fachrudin.

Sementara sebelumnya menurut dia, untuk menandatangani dokumen perizinan pihaknya harus berada di kantor. “Jadi sekarang dimana pun saya, bisa menandatangani dokumen perizinan.  Tentunya dengan demikian pelayanan lebih cepat,” imbuhnya.

Ditemui di sela-sela launching e-signature di ruang rapat DPMPTSP, dia menjelaskan, Kota Bandarlampung relatif lebih cepat mendapatkan sertifikasi e-signature dari Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPPT) pusat.

“Pemkot Bandarlampung menandatangani kerjasama dengan BPPT, dalam hal ini Kepala BPPT dan Walikota Bandarlampung itu tanggal 27 Agustus. Nah, hari ini tanggal 12 November e-signature kita sudah launching. Sementara daerah lain membutuhkan waktu cukup lama, bisa dicek,” urainya.

Selain guna mengoptimalisasi keterukuran waktu proses perizinan ditambahkan Fachrudin, e-signature juga lebih menjamin keaslian dokumen perizinan, khususnya tandatangan. Karena e-signature terintegrasi dengan BPPT sehingga keaslian dokumen perizinan lebih terjamin.

Kendati demikian untuk sementara, e-signature hanya untuk legalisasi dokumen perizinan di tataran kepala dinas. “Sementara baru di saya (kadis, red), tapi untuk selanjutnya kita proses sertifikasi e-signature di tataran kasi dan kabid,” tandasnya.(marda).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages