Kasipers Korem 043/Gatam Ikuti Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke 71 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 19 Desember 2019

Kasipers Korem 043/Gatam Ikuti Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke 71


Bandar Lampung, Harian koridor.com-Kepala Seksi Personil Korem 043/Garuda Hitam Letnan Kolonel.Inf.Triwidarbo,  mewakili KOmandan Korem 043/Gatam mengikuti Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke 71 Tahun 2019, bersama jajaran Forkopimda Provinsi Lampung, kamis (19/12) pkl.08.00 WIB bertempat di Lapangan Korpri Pemprov.Lampung Jl.Wolter Mongunsidi Kel.Talang Kec.Teluk Betung Utara.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung, Irwan S. Marpaung,  memimpin upacara peringatan Hari Bela Negara ke-71 Tahun 2019, yang dihadiri Pejabat Pemerintahan Provinsi L:ampung dan unsur forkopimda Provinsi Lampung, upacara dimulai dengan mengheningkan cipta, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Bela Negara. Pada peringatan hari Bela Negara yang ke 71 tahun 2019, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung, Irwan S. Marpaung,  membacakan amanat bela negara dari Presiden RI Joko Widodo.

“ Alhamdulillah Puji Syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat rahmat-Nya kita semua dapat kembali memperingati Hari  Bela  Negara  yang  ke-71 pada tahun ini. Semenjak Mr. Syafroedin Prawiranegara mendirikan Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal  19   Desember    1948    di  Bukittinggi  untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara, berbagai  wujud  bela  negara  telah susul- menyusul silih  berganti,  untuk  menunjukkan kepada dunia bahwa  Negara  Kesatuan  Republik Indonesia tetap dan  akan  terus  eksis  untuk selama-lamanya “,

“ Dewasa ini, kita sama-sama cermati bahwa tantangan yang dihadapi bangsa dan negara kita, semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya.  Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Bung Karno, bahwa perang modern bukan sekedar perang militer, melainkan  peperangan  yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat. Dengan demikian, tidak hanya militer yang berperan membangun ketahanan Indonesia, tapi  juga  menuntut  peran seluruh komponen bangsa demi kelangsungan hidup dan keutuhan NKRI “.

Lebih Lanjut Presiden dalam amanatnya yang disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra “ Sejalan dengan itu, pada tahun 2018 saya telah menginstruksikan pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Bela  Negara di berbagai  bidang dan tataran di seluruh Indonesia dengan melibatkan segenap jajaran  Kementerian / Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta berbagai elemen masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia, aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian  SDM  kita  dengan  pengamalan nilai- nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban  untuk  bangsa dan negara, serta kemampuan  awal  bela  negara  dan  semangat     untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur “.

“ Ke depannya, kita  semua mengharapkan agar Aksi  Nasional  Bela Negara di segenap gatra kehidupan nasional dapat semakin terstruktur, sistematis dan massif dengan prioritas dan implementasi  yang  terukur  sesuai dengan persepsi dan  aspirasi  masyarakat  seluas-luasnya, dengan demikian, bagi yang berbakti dalam birokrasi  Pemerintahan,  teruslah  mereformasi diri serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik. Yang belajar dan mengajar, teruslah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai    kebangsaan  kita “ jelas Irwan S. Marpaung.(red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages