Pemkab Way Kanan Peringati HKN ke 55 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Selasa, 10 Desember 2019

Pemkab Way Kanan Peringati HKN ke 55


Way Kanan, harian Koridor.com-Selama hampir 4 tahun ini, pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar yaitu, paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, dan penyediaan biaya Jaminan Kesehatan, yang mengusung kegiatan promotif dan preventif.
Hal ini dikatakan oleh Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, dalam sambutannya di acara peringatan hari kesehatan Nasional, di lapangan KORPPRI, Selasa (10/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya direktur jendral Kesehatan Masyarakat, yang di wakili oleh Subdiktorat pengaman limbah dan radiasi, Jelsi Natalia Marampa, Forkopimda, Wakil Bupati Edward Anthoni, Sekda Saipul, kecamat se – Way Kanan, para kepala kampung, dan para UPT Puskesmas.
Lanjut Adipati,bahwa beberapa program unggulan bidang kesehatan, seperti Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dan sehat melalui Pendekatan Keluarga, merupakan wujud nyata pembangunan kesehatan di Way Kanan.

Berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih, ditandai dengan adanya peningkatan indeks Pembangunan Manusia, setiap tahun, dimana salah satu parameter yang diukur adalah, usia harapan hidup.

Dengan tema Generasi Sehat Indonesia Unggul, sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Presiden dalam pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2020-2024 bahwa perhatian pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia, dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu stunting dan jaminan Kesehatan Nasional, “Hal-hal tersebut akan menjadi kus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya, dan berdampak membawa kesehatan maju dan berdaya saing,” kata Adipati.

Membangun kesehatan di mulai dari keluarga, karena keluarga sehat akan mewujudkan kampung/kelurahan sehat. Kampung/Kelurahan Sehat akan mewujudkan Kecamatan Sehat. Kecamatan Sehat akan mewujudkan Kabupaten Sehat. Kabupaten Sehat akan mewujudkan Provinsi Sehat, dan Provinsi Sehat akan mewujudkan Indonesia Sehat.

Keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah diraih oleh Way Kanan, merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas berbagai pihak, dukungan kemitraan yang baik antara pemerintah dengan masyarakat, dan tidak luput dari wujud nyata peran serta masyarakat dengan memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya yang ada di masyarakat, karena sehat berawal dari masyarakat yang melaksanakan pola hidup bersih dan sehat, melalui Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM).

“Untuk itu saya berharap kita dapat bekerjasama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan tanpa menyalahi aturan yang berlaku, khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan serta membenahi tata kelola jaminan kesehatan. Apa yang sudah dirintis sebelumnya kita lanjutkan dan tingkatkan,” pungkasnya.(ludi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages