Akhirnya Kota Metro Status PPKM Turun ke Level 1 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 21 Oktober 2021

Akhirnya Kota Metro Status PPKM Turun ke Level 1


Metro, Harian Koridor.com-Langkah Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melakukan vaksinasi massal dengan gencar dan menggandeng banyak elemen masyarakat.


Kini membuahkan hasil. Bumi Sai Wawai tercatat sebagai daerah dengan peringkat pertama pemerataan vaksinasi tahap satu. Selain itu juga menjadi satu-satunya daerah yang menyandang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 di Lampung.


Hal itu berdasarkan Intruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 54 tahun 2021 tentang PPKM level 3, 2, 1 serta mengoptimalkan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan, untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.


Dari salah satu poin Imendagri tersebut, Kota Metro menjadi satu-satunya daerah di Lampung yang menyandang status PPKM level 1. Disusul pada urutan kedua dengan status PPKM level 2 yakni Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Barat, Way Kanan, dan Kota Bandar Lampung.


Wali Kota Metro Wahdi Sirajuddin menjelaskan, penilaian tersebut berdasarkan hasil evaluasi dan capaian kinerja berbagai sektor, serta meminta seluruh elemen masyarakat untuk berkoordinasi mempertahankannya.


“Jadi penilaian itu sekarang fokus pada prokes, kemudian penilaian selanjutnya pada vaksinasi. Selain itu, protokol kesehatan tetap dinilai pada enam parameter. Jumlah kasus per 100 ribu, kita pada level 1, kemudian jumlah perawatan per 100 ribu kita juga pada level 1, kemudian jumlah kematian kita berada pada level 1. Ini yang harus kita pertahankan,” kata Wahdi, Kamis, (21/10/2021)


Meski begitu, Wahdi juga menyampaikan, pihaknya juga tetap menyiapkan upaya antisipasi khusunya bed occupancy rate (BOR) yang tersedia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Yani Metro.


“Kita juga ada BOR yang selalu kita khawatirkan, untuk bed di rumah sakit. Nah, BOR kita pada hari ini sangat rendah sekali, sekarang ada di kisaran 3 persen dari paling tinggi 83 persen,” ucapnya


Wahdi menambahkan, untuk pencapaian vaksinasi tahap satu, Kota Metro menjadi kota dengan pencapaian vaksinasi terbaik.


“Pencapaian vaksinasi tahap satu kita sudah ada di angka 99 persen, namun untuk lansia Kota Metro belum mencapai target, dan terus diupayakan agar tercapai sesuai harapan,” katanya (Husni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages