Hearing Komisi 2 DPRD Pringsewu Tentang Kelangkaan Migor - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Jumat, 18 Februari 2022

Hearing Komisi 2 DPRD Pringsewu Tentang Kelangkaan Migor


Pringsewu,Harian Koridor.com-Lanjutan sidak komisi 2 DPRD Pringsewu, bersama pemerintah kabupaten Pringsewu tentang kelangkaan minyak goreng yang di jual di pasar, mini market, Alfa Maret, indomaret,Candra store,sehingga di adakan hearing, bertempat ruang rapat DPRD kabupaten Pringsewu,Rabu(16/02).


Adapun yang Turut hadir dalam hearing tersebut komisi 2 DPRD kabupaten Pringsewu, kepala dinas perizinan,kaban pol PP, adapun dari Dinas koprindag Kabid perdagangan,Kabid industri, pelaku UMKM yang ada di kabupaten Pringsewu, pihak dari Indomaret, dan pihak alfamaret.


Dalam hearing tersebut ketua komisi 2 Maulana mengatakan, sudah berapa hari ini dari komisi 2 bersama Pol pp sidak ke pasar sari Nongko,mini market  yaitu Alfa Maret, indo Maret, dan Candra store.


Ia menambahkan Tujuan sidak kemaren karena adanya laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi kelakaan minyak di mana-mana, walaupun ada yang jual, minyak goreng tersebut di jual dengan harga mahal.


Lanjutnya pada saat sidak ke beberapa Alfa Maret tidak di temukan minyak goreng baik di pajangan maupun di gudang sedikit pun, sedangkan untuk Indomaret ada sedikit temuan di pajangan tidak ada minyak goreng, di gudang juga tidak ada, tetapi di tempat lain ada simpanan minyak goreng yang di tutupi dengan dus dan ada juga  beberapa liter minyak goreng yang tersimpan di tempat lainnya, jumlah minyak goreng yang di temukan sebanyak 56 liter


"Adapun keterangan pihak Indomaret pada saat itu minyak tersebut untuk penggorengan preciken yang di pakai 8 liter setiap tiga hari sekali, sehingga dari hasil penemuan tersebut minyak goreng tersebut di simpan oleh pihak pol PP," Terangnya.



Lanjutnya Tujuan di adakan hearing hari ini agar kita bisa mencari titik temu, mengapa minyak goreng langkah, siapa pelakunya,untuk pihak Indomaret juga akan menjelaskan tentang penyimpanan minyak goreng yang di temukan pada sidak kemaren, pihak UMKM bisa menyampaikan keluhan/dampak tentang kelangkaan minyak goreng, dan untuk pihak koprindak apa langkah kedepan untuk kelakaan minyak goreng tersebut


Di tempat yang sama pihak UMKM rafin snake Rus mengatakan, UMKM sangat berdampak, karena industri rafin bahan keripik, jadi Bila minyak kosong  banyak barang yang tidak bisa di produksi sehingga stok rafin kosong. terkadang untuk  mengatasinya kami pihak UMKM membeli minyak goreng ke tokoh yang mempunyai stok  dengan harga mahal.


"Perlu di ketahui kebutuhan minyak goreng di rafin snake perhari 36 liter, tetapi sementara sekarang minyak goreng hanya dapat satu dus perminggunya, itupun di beli dengan harga mahal," Ujarnya.


Sedangkan pihak umkm Bambang Robani yang merek dagang Robani mengatakan produk jenis dagang Robani terdiri dari Klanting, getuk, reginang, zipang,ondel-ondel,dll, semua jenis industri kami tersebut harus menggunakan minyak goreng.


Ia menambahkan karena kelangkaan minyak goreng tersebut orderan untuk ke Taiwan 1 ton Klanting belum bisa di produksi, kami juga sudah 10 hari tidak bisa produksi karena gak ada minyak goreng, sehingga 80 pegawai stop kerja selama 10 hari.


"Untuk kebutuhan minyak goreng perhari di UMKM Robani sebanyak 150 liter, selama ini  minyak goreng memakai merek Fortune mesen ke  teluk bandar lampung sampai sekarang belum ada stok," jelasnya.



Sama halnya pihak UMKM Tatang Tarseno,produksi untir-untir, mengatakan minyak goreng untuk produksi ke pihak UMKM sekarang di anggap tidak ada, kalau untuk dapur rumah tangga di anggap masih langka karena masih ada penjualan walaupun langkah.


Adapun dari pihak kabid koprindak Reka,menerangkan berdasarkan jumlah penduduk  kabupaten Pringsewu 293. 510 kk,IKM 214,UMKM 196 sehingga dari hitungan tersebut kabupaten pringsewu membutuhkan minyak goreng sebanyak 22.066 liter/hari


Adapun langkah dari Dinas koprindag kabupaten pringsewu akan mengadakan operasi pasar murah minyak goreng dengan harga het 14.000 /liter.


" Hal tersebut sedang dalam proses pihak dinas koprindak telah di anjurkan untuk kerja sama  dengan PT tunas baru Lampung, dan sudah di lakukan kerja sama, dengan jawaban dari pihak PT. Tunas baru Lampung bila ada stok minyak goreng baru bisa di laksanakan," ujar Kabid perdagangan


Dari pihak Alfa Maret penti , mengatakan Untuk minyak goreng kesulitannya karena belum di suplayer sehingga kami kesulitan untuk mengisi ke retail alfamaret.oleh karena pihak alfamaret tidak bisa menentukan stok minyak goreng dalam pengiriman


"Tetapi pagi ini Merek minyak m dan n produk baru, pihak Alfa maret di kirim sebanyak 2000 karton yang ukuran minyak 900 ml dan 1 liter, barang tersebut akan di kirim ke seluruh alfamaret Yang ada di Lampung dengan di bagi dua sampai 3 karton per alfamaret,"Jelasnya.


Dari pihak indomaret Aji manejer  cabang Lampung, mengatakan pihak indomaret memang ada beberapa cabang indomaret yang menjual produk preciken, sehingga dari pihak Indomaret ada tehnik khusus untuk pengorengan preciken, untuk  stok minyak gorengnya berbeda dengan stok minyak goreng yang akan di jual.


Ia menambahkan Untuk penyimpanan minyak goreng yang lagi viral, hal tersebut Memang minyak goreng tersebut stok khusus untuk penggorengan minyak preciken.


"Karena untuk ketentuan setiap penggorengan 200 PC preciken minyak gorengnya di ganti selama dua hari.

Untuk satu camber perlu minyak 8 liter, dan di Indomaret  mempunya dua camber penggorengan, adapun untuk stok menurut SOP indomaret untuk penggorengan preciken hanya boleh menyimpan stok minyak goreng maxsimal 60 liter,"jelasnya.


Adapun kaban pol PP Ibnu Menanggapi, Kami sebagai pelindung masyarakat, akan menampung tentang keresahan masyarakat, apalagi  tentang langkahnya minyak goreng yang di perlukan setiap harinya Sehingga kami akan berusaha untuk mengatasi hal tersebut.


ia menambahkan adapun Tentang katagori menimbun minyak goreng itu ada kententuannya yang telah di atur oleh undang-undang, sehingga hasil

Sidak kemarin minyak goreng tersebut bukan barang bukti, itu hanya titipan sementara.


"Bila mana pihak Indomaret bisa memberikan keterangan yang bisa di pertanggung jawabkan minyak garengnya kami kembalikan, tetapi bila tidak sesuai dan meragukan minyak goreng tersebut kami tahan dan akan kami lakukan tindakan selanjutnya,"jelasnya.


Perlu di ketahui sampai sekarang SOP Indomaret tentang boleh menyimpan stok minyak goreng sebanyak 60 liter untuk Indomaret khusus yang menjual ayam preciken saja, belum di perlihatkan.(*) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages