SMKN 2 Bandarlampung Gelar Donor Darah - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Kamis, 03 Februari 2022

SMKN 2 Bandarlampung Gelar Donor Darah


Bandar Lampung,Harian Koridor.com-Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Bandarlampung menggelar kegiatan Donor Darah, Kamis (3/2/2022) di Aula sekolah setempat.

Kegiatan tersebut, merupakan program donor darah yang dicanangkan oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Lampung, Riana Sari Arinal.


Adapun, untuk program donor darah ini menyasar para siswa-siswi yang berusia 17 tahun ataupun kelas 12.


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPT PMI Pembina Provinsi lampung, dr. Mars Dwi Tjahjo, Sp.U mengatakan, dengan adanya program terswbut sangat membantu persediaan/stok darah di PMI Lampung.


Masih kata Mars Dwi, untuk stok darah di provinsi Lampung yang selama ini selalu terbatas. “Dengan adanya program donor darah ini dapat terpenuhi hingga diatas 100 persen dari target yang diperhitungkan,” ungkapnya. 


Adanya program donor darah yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Lampung dengan melibatkan pelajar tingkat SMA/SMK diharapkan dapat memenuhi kebutuhan darah di PMI cabang Lampung ini. Lanjut Mars Dwi, sampai saat ini untuk cadangan darah di PMI sudah mencapai angka 1000-1200 kantong darah. 


“Ini bisa memenuhi kebutuhan selama 8 hari kedepan,” jelasnya.


Mars Dwi menjelaskan, untuk kebutuhan darah di PMI Lampung mencapai 4000-5000 kantong darah perbulannya. Dimana dari jumlah tersebut antara 70-80 persennya didapat dari para pendonor dan sisanya didapat dari donor pengganti.


“Ya, kalau dulu untuk cadangan darah kita sangat terbatas, namun saat ini sudah terpenuhi. Ini sesuai program yang dicanangkan oleh Ibu Gubernur dengan sasaran pelajar. Saya juga berharap para pelajar dapat terus menjadi pendonor,” jelasnya.


Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung, Dra. Zuraida Kherustika, M.M menerangkan, program donor darah di bulan Februari ini akan menyasar pelajar, guru maupun tenaga kependidikan (GTK) tingkat SMK di Bandarlampung.


“Sebelumnya pada Rabu (2/2/2022) lalu sudah dilaksanakan donor darah di SMKN 1 dan hari ini (Kamis red) di SMKN 2 Bandarlampung dan akan terus berjalan ke SMK yang ada di Bandarlampung,” ujarnya.


Zuraida menambahkan, dalam pelaksanaan program donor darah ini pihaknya menargetkan sebanyak 130 kantong darah. Dimana jumlah tersebut didapat dari sekolah negeri dan sekolah lain yang berada pada subrayon sekolah negeri tersebut.


“Hari ini, pesertanya bukan hanya dari pelajar SMKN 2 Bandarlampung saja melainkan dari SMK swasta yang masih subrayonnya SMKN 2 tersebut. Kalau target 130 kantong darah di subrayon ini, insyaallah terpenuhi,” terangnya.


Sementara itu, Kepala SMKN 2 Bandarlampung, Drs. Moh Edy Harjito mengatakan, pelaksanaan donor darah ini diikuti subrayon 26 yang meliputi, SMKN 2 Bandarlampung, SMK Yadika, SMK Penerbangan, SMK 2 Mei, SMK Geomatika, SMK Twin dan SMK Bhakti Utama disambut antusias oleh para peserta.


Masih kata Edy, program donor darah ini sangat membantu untuk ketersediaan stok darah di PMI cabang Lampung guan untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.


“Alhamdulillah program donor darah di SMKN 2 dapat berjalan dengan lancar. Program yang diketuai oleh ibu Riana Sari Arinal ini sangat membantu sekali,” ujarnya.


Edy menjelaskan, untuk kegiatan donor darah di SMKN 2 Bandarlampung ini telah mencapai ataupun memenuhi target sebanyak 130 kantong darah. “Ya, Alhamdulillah target kita tercapai. Pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung baik kepada Kepala Dinas maupun Kabid PSMK yang telah memberikan bimbingan ataupun arahannya sehingga kegiatan donor darah ini dapat berjalan dengan lancar dan baik,” tandasnya. (hl) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages