Mau Buat KIA? Yuk, Ke Lampung Fair 2019 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Senin, 22 April 2019

Mau Buat KIA? Yuk, Ke Lampung Fair 2019


Bandarlampung, Hariankoridor.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Lampung akan memfasilitasi warga kabupaten/kota yang ingin membuat Kartu Idenstitas Anak (KIA) selama pergelaran Lampung Fair 2019  di PKOR Wayhalim Bandarlampung. 

“Kita membantu warga yang ingin membuat KIA, tetapi tidak semua kabupaten/kota, hanya ada beberapa daerah saja yang bisa membuatnya. Tetapi prinsipnya di sini kita terima berkas dan akan kita teruskan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil daerah masing-masing,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Lampung, Achmad Saefullah,Senin (22/4)

Menurutnya, para orang tua yang ingin membuatkan KIA cukup membawa surat keterangan kelahiran atau akte kelahiran, KTP, dan pas foto berwarna ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar ke gerai Disdukcapil Lampung di Lampung Fair  Wayhalim.. 

Selain itu, pembuatan KIA dimaksudkan untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional anak.

Ia menjelaskan, pembuatan KIA berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, yang terdiri atas KIA untuk anak berusia 0-5 tahun dan untuk anak 5 tahun sampai 17 tahun.

Bagi anak warga negara Indonesia (WNI) yang baru lahir, KTP Anak (KIA) akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akte kelahiran.

“Dengan kartu identitas anak ini, kita bisa mendata berapa jumlah anak-anak yang ada di Provinsi Lampung dari usia 0-5 tahun dan 5-17 tahun,”katanya 

Saiful mengatakan, daerah yang dapat melakukan perekaman atau pembuatan KIA adalah Kabupaten Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Lampung Utara, Lampung Tengah, Mesuji, Tulang Bawang Barat, Waykanan, Kota Bandarlampung dan Kota Metro.

Sedangkan daerah seperti Kabupaten Lampung Timur, Tulang Bawang, Pesisir Barat, Lampung Barat, dan Lampung Selatan masih tahap proses pembuatan atau pengadaan untuk KIA tersebut.(red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages