BKKBN Lampung Gelar Acara Peringatan Harganas ke 31 Tahun 2024 - Harian Koridor

Breaking

Home Top Ad

GIZI

Post Top Ad

Jumat, 02 Agustus 2024

BKKBN Lampung Gelar Acara Peringatan Harganas ke 31 Tahun 2024


Bandarlampung, Harian Koridor-BKKBN Provinsi Lampung  menggelar acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Ke-31 tingkat Provinsi Lampung dengan tema “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”.Peringatan Harganas Ke-31 Tahun 2024 kembali menggugah perhatian tentang peran penting keluarga dalam membangun karakter bangsa.

Sementara Pj. Gubernur Lampung Samsudin yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Intizam, dalam sambutannya mengatakan, pentingnya mempersiapkan generasi yang akan datang untuk memanfaatkan bonus demografi yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2045.

saat itu diperkirakan 70% dari jumlah penduduk Indonesia adalah usia produktif, sedangkan sisanya merupakan penduduk yang tidak produktif.

Untuk memetik keuntungan dari bonus demografi tersebut, generasi mendatang harus dipersiapkan dengan baik. Peranan keluarga dalam membentuk generasi berkualitas sangat krusial," ujarnya.


Menurut dia, untuk mewujudkan keluarga berkualitas, perencanaan keluarga harus dimulai dari mempersiapkan diri sebelum menikah. Hal ini penting untuk mencegah masalah kesehatan seperti stunting pada anak.


"Tema tahun ini, yaitu 'Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas', menekankan bahwa keluarga memiliki peran utama dalam membentuk generasi yang sehat dan berkualitas," tambahnya.


Dalam upaya penurunan stunting, Provinsi Lampung menerapkan beberapa pendekatan. Pendekatan ini mencakup intervensi gizi, multi sektor, dan berbasis keluarga yang berisiko stunting. Diantaranya adalah pelaksanaan 8 aksi konvergensi di kabupaten/kota, peningkatan kualitas pelayanan, serta pembentukan bapak asuh anak stunting. Selain itu, intervensi sensitif dan spesifik juga menjadi fokus untuk mencapai hasil yang maksimal.


Pemerintah Provinsi Lampung juga telah membangun sistem Indeks Pembangunan Keluarga (Ibangga) untuk mengukur dimensi kemandirian, ketentraman, dan kebahagiaan dalam keluarga. Dengan rata-rata nilai Ibangga sebesar 55.77, Lampung termasuk provinsi dengan nilai Ibangga di atas rata-rata nasional.


Ia menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah, instansi terkait, serta masyarakat untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.


"Kami siap mendukung semua kegiatan Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting. Program ini sangat penting bagi kemajuan masyarakat," ujarnya 


Sementara itu, Deputi Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi (ADPIN), Sukaryo Teguh Santoso, yang hadir dalam kesempatan tersebut, memberikan apresiasi terhadap capaian Provinsi Lampung dalam penurunan angka stunting dan mewujudkan keluarga yang berkualitas.


Menurutnya, nilai indeks pembangunan keluarga di Lampung sebesar 71 sudah di atas rata-rata nasional sebesar 61,3.


“Ini menunjukkan bahwa program Bangga Kencana di Provinsi Lampung dikelola dengan baik dengan komitmen pemerintah daerah yang cukup baik,” kata dia. 


Dalam konteks peringatan Hari Keluarga Nasional tingkat Provinsi Lampung, Sukaryo juga mengingatkan bahwa keluarga menjadi institusi penting dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.


"Lampung punya sejarah tersendiri, karena peringatan Hari Keluarga Nasional pertama kali diluncurkan di Provinsi Lampung," Ujarnya. 


Acara peringatan Harganas dihadiri oleh Kepala Dinas PPPA Provinsi Lampung, Kepala BNN Provinsi Lampung, Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Forkopimda Provinsi Lampung, Para Rektor Universitas Negeri dan Swasta, Ketua Organisasi Profesi dan Organisasi Kemasyarakatan, Pj. Ketua TP PKK Provinsi Lampung dan tamu undangan lainnya.


Dalam peringatan Harganas ke 31, Pemkab Lampung Selatan Menerima Penghargaan Hari Keluarga Nasional ke 31 tingkat Provinsi Lampung 2024 kategori, 

1. Penghargaan SatyaLancana Wira Karya Tk.Provinsi Lampung

2. Terbaik 3 Pengelola Kampung Keluarga Berkualitas Desa Taman Agung, Kec.Kalianda Kabupaten Lampung Selatan Tk.Provinsi Lampung. 

3. Terbaik 1 Grand Desain Pembangunan Kependudukan 5 Pilar Tk.Provinsi Lampung. 

4. Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) TERBAIK Tahun 2024, BKB Melati Kabupaten Lampung Selatan.(red) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Pages